Kamis, Juli 19, 2018

Ganti Komponen Kaki Suzuki SX4

Awal bulan ini (Juli 2018) disaat sedang mencuci kendaraan, bagian shockbreaker depan kanan SX4 saya banyak didapati rembesan oli pada bagian batangnya, berdasarkan pengalaman dan artikel yang mengulas tentang kaki-kaki shockbreaker sebaiknya sudah harus dilakukan penggantian apabila shockbreaker telah terdapat rembesan oli.

Suzuki SX4
Wajar, dengan kondisi mobil yang sudah mencapai 80.000 KM lebih seharusnya komponen tersebut sudah dilakukan penggantian sebelum terjadi kebocoran. Banyak artikel yang menginfokan sebaiknya jarak tempuh kendaraan yang telah melampaui 40.000 KM lebih mempersiapkan penggantian  komponen shockbreakernya guna memperpanjang usia komponen pendukung lainnya seperti, link stabilizer / ball join / tie rod / lower arm yang cenderung akan cepat rusak bisa shockbreaker telat dilakukan penggantian.

Shockbrekaer Depan SX4
Pelbagai pilihan shockbreaker menjadi hal yang membuat saya pusing, mengapa!!! karena banyak anggapan bahwa umur shockbreaker sekarang tidak seindah dulu, harga mahal bukan jaminan seperti pada saat aki kendaraan sudah mulai mengalami penurunan kualitas diusia 1.5 Tahun pemakaian, melakukan charger kembali hanya akan membuat aki tersebut bertahan 1 s.d 3 Bulan kedepan yang berujung kita akan dibuat susah dengan tidak bisanya kendaraan kita dihidupkan pada saat moment tertentu.

Kenapa sich perlu diganti? Handing kendaraan akan sangat bergantung pada komponen tersebut, untuk pemakaian dalam kota saya rasa tidak akan begitu terasa perbedaanya, tapi bagi saya yang setiap minggu harus melalui perjalanan Balikpapan - Samarinda sebanyak 2 Trip PP kurang lebih 120 KM sekali jalan berarti 1 Minggu 480 KM, mengharuskan kondisi mobil dalam kondisi yang laik.

Shockbrekaer Depan Terpasang Merk IKYBI
Shockbreaker Belakang Terpasang Merk IKYBI
Dengan berbagai pertimbangan akhirnya, saya memutuskan untuk menganti komponen shockbreaker SX4 depan dan belakang dengan Merk IKYBI yang menurut saya, harga dan kualitas yang didapatkan tidak terlalu jauh berbeda dengan Merk sebelah yang harganya lebih mahal dari produk yang saya beli. Selain Shockbreker perangkat pengereman juga langsung saya ganti dengan produk di perusahaan yang sama yaitu BIRKENS.
Kampas Rem Depan & Belakang SX4
Ini bukan promosi produk dari IKYBI atau BIRKENS, tapi hanya produk mereka lah yang saya nilai memiliki kualitas baik dengan harga yang menurut saya sangat sangat bersahabat dengan dompet. Karena asumsi saya 2 s.d 3 Tahun kedepan komponen tersebut akan habis masa pemakaiannya dan secara tidak langsung memang kita harus mengeluarkan biaya kembali untuk melakukan penggantian. Komponen original tentu kinerjanya lebih baik, tapi secara biaya memprihatinkan buat saya.

Adapun biaya produk dan jasa yang perlu disiapkan untuk melakukan penggantian komponen kaki-kaki tersebut +- sebesar 3 Juta rupiah. Harga yang dikeluarkan akan berbanding dengan hasil yang didapatkan yaitu safety bagi pengendara itu sendiri.

2 komentar:

  1. mas..klo boleh tahu, untuk kompresor ac karimun new estillonya yg menggunakan xenia 1000 cc itu type Li tahun berapa, dn breket dudukan modifikasinya bisa aku dapatin dmana..kebetulan kompresor ac estillo ku dlm keadaan tdk sehat.

    BalasHapus
  2. Kompresor Xenia nya kurang paham mas type Li di tahun berapa. Sebaiknya diganti dengan tetap model rotary mas, karena beban kinerja mesinya bertambah.

    BalasHapus